Nggak Fokus, Nggak Punya Tujuan!

Maybe this is my biggest problem right now.

Menurut gue, gue ini gak punya satu tujuan yang jelas dalam hidup gue. Ketika nggak punya suatu tujuan yang jelas, ya gue nggak bakal bisa melakukan apapun dengan baik. Sudah 3 tahun dan memberat 3 bulan terakhir ini gue galau masa depan, galau masa depan lagi hits bgt emang di kalangan para remaja tua, errr, dewasa muda usia 20-an tahun, terutama yang gak punya tujuan yang jelas (kaya gue). Dulu, sebelum lulus SD, gue udah tau tujuan gue pengen masuk SMP 2 yang terfavorit di kota gue. Terus sebelum gue lulus SMP, gue juga udah tau tujuan gue mau masuk SMA 1, sekolah terbaik di kota gue. Karena tujuan gue udah jelas, jadi gue tinggal berusaha sebaik mungkin supaya bisa mencapai tujuan itu.
Nah! pas sebelum lulus SMA, gue sebenernya belum menemukan jati diri gue. Salah gue sendiri karena dulu terlalu mengikuti arus. Tujuan utama belajar adalah nilai. Jujur, dulu gue emang sebego itu, belajar cuma buat jadi yang terbaik. Tanpa mikirin hidup gue mau dibawa kemana sama nilai-nilai, angka-angka, yang gue kejar itu. Di saat remaja lain seusia gue pada ikut organisasi, pertukaran pelajar, giat mencari link, atau secara umum mencari bekal untuk kehidupan pasca sekolah. Sementara gue, gak ada sedikitpun di pikiran gue untuk mencari jati diri, mencari tahu gue bakal melakukan apa setelah lulus kuliah nantinya.
Dulu, gue cuma mikir, ya udah habis SMA lulus, masuk kuliah, masuk FK, lulus, kerja. (dan gak pernah mikir nikah sama sekali, iya gue segitu childish-nya), Mana gue introvert. banget. gue dulu fobia sama orang baru. gue gak berani beli jajan ke toko kalo gue gak kenal. Terus udah tau gitu, gue mau masuk FK. Yaaah, gak salah apa pilihan gue. Gue lulus snmptn ya karena gue beruntung aja, belajarnya fisika matematika ama tpa, plus berkat doa orang tua dan temen2. Tapi pas udah masuk, gue akui, gue gak suka, gak suka pelajarannya, gak suka pekerjaannya. Gue gak yakin bisa jadi dokter yang (ter)baik. Tapi gue gengsi dong, masa gak bisa selesai kuliah. Walaupun terpaksa, walaupun sering remed, gue tetep belajar, lulus dan wisuda tepat waktu. Lagian, kalau ditanya seandainya bukan FK, gue pengennya masuk mana, gue juga gak tau. Ekonomi? Fisika? Gue gak yakin.
Keluarga gue support bgt gue di fk, ya paling karena belum ada aja gitu yang masuk fk di keluarga ibu gue, jadi sementara ini satu-satunya harapan keluarga cuma gue. Gue gak boleh mengecewakan mereka. Dulu yang bikin gue semangat masuk fk, karena gue punya impian absurd pengen jadi detektif sekaligus dokter ahli forensik wanita terkenal. Dan ketika impian itu ditentang habis-habisan, gue nggak punya lagi tujuan mau jadi apa setelah lulus. Gue cuma ngikutin pepatah yang bilang, kalau udah terlanjur tercebur sekaian aja berenang. ya jadi ginilah gue.
Mana gue udah lebih separuh jalan. Sebentar lagi gue ujian stase terakhir di DM 1. Doakan insya Allah lulus, terus ada satu tahun lagi di DM 2 >>> Lulus, masih ada ujian komprehensif >>> Lulus, UKDI >>>> lulus, disumpah dokter >>> nunggu giliran buat internship (magang satu tahun di daerah tertentu, akhirnya dapet honor kok) >>> terus gak tahu mau kemana.
Kemudian gue nemu tumblr orang, yang punya podcast, yang bener-bener menampar gue. Gue gak kenal dia, dia gak kenal gue, peduli amat, dunia maya gak selalu harus kenal di dunia nyata kan. Ada satu pesan dari dia yang penting banget buat yang mau masuk kuliah, baru masuk kuliah, atau mungkin mau kuliah lagi. Kata dia,
Seharusnya ketika lu kuliah yang lu cari adalah apa yang ingin lu lakukan setelah kuliah. Jadi apapun aktivitas yang lu lakukan itu mengarah ke sana. Membuat lu jadi lebih baik supaya ketika lu sudah sampai di waktu itu, lu sudah siap, lu sudah punya bekal yang baik, Jangan sampe masa kuliah itu habis hanya untuk leha-leha doang, belajar sekedar belajar, terus gak dapet apa-apa. Dan akhirnya ketika lu lulus, lu mulai dari nol. Jangan sampai lah lu kaya gitu.
Dari situ gue menarik kesimpulan, ini semua adalah kesalahan gue dalam memanfaatkan waktu. Semasa kuliah dulu gue pernah ikut beberapa organisasi dan event kampus yang sedikit banyak memberi pengaruh buat gue. Walaupun gue ngerasa nggak terlalu memanfaatkan itu semua untuk menemukan tujuan pasca kuliah gue.

Hal positifnya, ini suatu kemajuan sih buat gue. Gue akhirnya sadar apa yang jadi masalah utama gue. Gue bisa merumuskan problem list gue, cuma gue belum bisa menentukan langkah selanjutnya apa. Untuk sisa waktu sebelum lulus dokter sekarang ini gue bertekad lebih memanfaatkan waktu dan peluang di sekitar gue, supaya gue bisa menemukan tujuan gue, minimal tujuan jangka pendek deh, sehinga gue bisa lebih fokus dan tujuan gue tercapai (atas izin Allah tentunya). Kalau orang bilang: CHOOSE A GOAL, AND STICK TO IT. Yeah, semoga seiring berjalannya waktu, gue ketemu tuh apa tujuan gue setelah kuliah.
P.S. mahasiswa di luar negeri udah nggak zaman galau masa depan mereka sendiri, mereka punya problem yang lebih besar, mereka galau dalam inventing the world's future. miris deh gue.

Comments

Popular posts from this blog

What If..?

Cerita Akhir Semester (Sebelum "Nyebrang")

DNA, Kembar Identik, dan Sedikit Tentang Forensik